x

Ganjar Pastikan IKN Nusantara Berlanjut, Tapi, Syaratnya PDIP Menang Pilpres 2024

waktu baca 3 menit
Selasa, 4 Jul 2023 07:52 0 88 PPU

Pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur jadi sorotan jelang Pilpres 2024.

Capres dari PDIP, Ganjar Pranowo memastikan akan melanjutkan pembangunan IKN yang digagas Jokowi, jika dirinya terpilih menjadi Kepala Negara.

Dilansir dari Kompas.com, hal itu ditegaskan Ganjar Pranowo saat perayaan puncak Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Ia juga menyinggung kelanjutan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurutnya, program pembangunan yang dimulai di era Presiden Jokowi kelak akan tetap dilanjutkan oleh pemerintahan setelahnya.

Syaratnya, PDI-P harus memenangkan Pilpres 2024.

Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan ia bakal melanjutkan berbagai program pembangunan yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, keinginan itu tak akan bisa terwujud, jika PDI-P tak memenangkan Pilpres 2024.

“Infrastruktur yang hebat, IKN (Ibu Kota Nusantara) yang tidak hanya memindahkan tempat dan Ibu Kota, tapi membuka mindset, mengubah mindset sebagai negara maju,” ujar Ganjar Pranowo, laporan kompas.com dikutip Tribun Jogja hari ini.

Ganjar Pranowo menambahkan, Jokowi juga telah berhasil melakukan hilirisasi di bidang industri.

Sehingga, lanjut dia, Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan oleh dunia.

“Itu juga yang mesti kita pertahankan, kita lanjutkan. Namun, itu tidak bisa terlaksana kalau kita tidak menang hattrick,” sebut dia.

Oleh karena itu, Ganjar Pranowo meminta semua kader PDI-P untuk berjuang dan mengikuti arahan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri.

“Agar kita bisa bersatu, kita berdiri seteguh karang yang tetap tegar dalam benturan ombak sekeras apapun,” imbuh dia.

Sementara, calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengatakan ada empat prinsip yang dijunjungnya setiap mengambil kebijakan sebagai penyelenggara negara.

Hal itu sekaligus menjawab kekhawatiran publik soal apakah bila Anies terpilih menjadi presiden di Pilpres 2024 akan melanjutkan program pemindahan Ibu Kota Nusantara atau tidak.

Anies menuturkan 4 prinsip yang selalu menjadi landasan dasarnya bertindak adalah kesetaraan keadilan, kepentingan umum, ilmu data, dan undang-undang regulasi.

“Kegiatan-kegiatan yang memberikan rasa keadilan, yang memberikan manfaat publik, sejalan dengan data fakta, kemudian ilmu pengetahuan sesuai regulasi, ya harus jalan dong,” kata Anies dalam tayangan YouTube program ‘Kick Andy Double Check’, Senin (19/6/2023).

Anies mengaku kadang bertanya-tanya, mengapa soal IKN terus ditanyakan kepada dirinya apakah akan diteruskan atau tidak bila dia menjadi presiden.

Menurut Anies, program-program yang baik tidak perlu juga kekuatan politik untuk tetap terlaksana, karena semuanya pasti akan jalan dengan sendirinya.

“Kenapa ya, selalu ditanya soal IKN itu diteruskan apa tidak. Kok tidak tanya apakah bansos diteruskan apa tidak, kok tidak tanya apakah program subsidi untuk petani diteruskan apa tidak.

Apa sesungguhnya ada masalah di sini, sehingga harus diperlukan kekuatan politik untuk terlaksana. Kan sesuatu yang biak itu tidak perlu kekuatan politik, semuanya pasti akan jalan,” kata Anies.

Dia mengatakan, bila program-program itu baik otomatis akan jalan dengan sendirinya, karena kalau dihentikan tentu akan memancing reaksi rakyat.

“Saya selalu sampaikan, (IKN) ini sudah diputuskan undang-undang, dan undang-undang itu harus dilaksanakan oleh penyelenggara negara, siapapun yang terpilih menjadi penyelenggara negara,” katanya.

Namun begitu, lanjut Anies, di dalam mengalokasikan anggaran untuk IKN tersebut nantinya bila dia diamanahkan oleh rakyat untuk menjadi presiden, maka tentu ada keputusan-keputusan.

Sumber: Tribun Kaltim, Jumat, 30 Juni 2023

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Faizal Amir

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x