x

Hidup di Jakarta Mahal, Ini Daerah Incaran Para Perantau Baru

waktu baca 2 menit
Rabu, 24 Apr 2024 06:36 0 12 PPU

Jumlah warga pendatang baru di Jakarta menurun dalam beberapa waktu terakhir. Rupanya, banyak masyarakat daerah kini lebih memilih kawasan sekitar Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) sebagai alternatif tujuan rantau.

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Nirwono Joga mengungkapkan, mahalnya biaya hidup di Jakarta menjadi salah satu pertimbangan besar warga pendatang baru lebih memilih kawasan Bodetabek sebagai daerah tujuan.

“Faktor hunian yang layak, uang sewa yang lebih murah dan biaya hidup yang lebih murah, sehingga mereka (warga pendatang) akan memilih tinggal di Bodetabek,” ungkap Nirwono kepada B-Universe, saat dihubungi Minggu (21/4/2024).

Paradoksnya, menurut Nirwono, kendati Bodetabek menawarkan biaya hidup yang lebih murah, lapangan kerja di kawasan tersebut belum mampu menyerap masifnya kebutuhan warga pendatang baru terhadap pekerjaan.

Menurut Nirwono, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di kawasan Bodetabek masih kalah dengan Jakarta. Sehingga, meski tak untuk ditinggali, Jakarta masih menjadi incaran warga pendatang baru sebagai kota tujuan kerja.

“Masyarakat pendatang dari luar daerah tetap akan mencari kerja dengan target utama ke Jakarta. Tetapi, karena biaya hidup yang lebih mahal, uang sewa yang lebih mahal, mereka memilih tinggal di Bodetabek,” ujarnya.

Menurut Nirwono, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus mewaspadai pola baru dari warga pendatang ini. Dia menilai, perlu ada kerja sama antara Pemprov DKI dengan pemerintah daerah Bodetabek setempat, dalam mengatasi masifnya arus urbanisasi.

“Kalau mau menangani urbanisasi suka tidak suka, Jakarta harus bekerja sama dengan daerah sekitarnya, minimal dengan Bodetabek,” katanya.

“Tren kecenderungan warga pendatang ke Jakarta menurun itu bukan berarti kita harus senang. Memang di Jakarta turun, tetapi yang harus kita perhatikan di Bodetabek meningkat. Itu juga alarm sebenarnya,” pungkas Nirwono.

Penulis : Alfida Rizky Febrianna
Editor: Prisma Ardianto (redaksi@b-universe.id)

Sumber: investor.id – 21 Apr 2024

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x