x

104 Mahasiswa Ikut Bangun IKN hingga Desember, Tugasnya Apa Saja?

waktu baca 2 menit
Senin, 4 Sep 2023 00:40 0 120 PPU

Sebanyak 104 mahasiswa dari 27 universitas mengikuti program magang di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Program magang ini dilaksanakan selama empat bulan mulai September-Desember 2023.

“Program mahasiswa magang Kampus Merdeka di IKN Nusantara diikuti oleh 104 mahasiswa dari 27 universitas. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat bulan dari September-Desember 2023,” ujar Sekretaris BPSDM Kementerian PUPR Achmad Subki dikutip dari Antara, Jumat (1/9/2023).

Selama di IKN Nusantara para mahasiswa itu akan mengikuti program magang yang meliputi 12 kegiatan infrastruktur, yakni pengendalian banjir dan drainase utama, pembangunan bendungan, penyediaan air baku, penerapan teknologi informasi pengelolaan SDA, komunikasi publik dan hubungan masyarakat, manajemen aset/manajemen konflik/pengarsipan/pemanfaatan lahan.

Selanjutnya, pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan sisi barat, Dermaga Logistik IHM Sepaku, Land Development Sub-WP 1B, Pembangunan Bangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator, Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1, 2, 3 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (KIPP IKN), dan pendampingan pembangunan perumahan.

“Para mahasiswa akan didampingi 23 mentor selama magang di IKN. Sebelum berangkat mereka sudah mendapatkan pembekalan dari BPSDM dan setiap Unit Organisasi Kementerian PUPR yang terlibat dalam pembangunan IKN pada 21 Agustus-31 Agustus 2023,” kata Achmad Subki.

Kegiatan mahasiswa magang di IKN Nusantara bagian dari program Kampus Merdeka yang dilaksanakan oleh BPSDM Kementerian PUPR sebagai tindak lanjut usulan para guru besar bidang sumber daya air saat berkunjung ke IKN guna meningkatkan kompetensi SDM bidang konstruksi agar berdaya saing dan kompeten.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Zainal Fatah mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan sangat baik bagi para mahasiswa untuk menjadi bagian penting dari proses pembangunan IKN.

“Oleh karena itu, manfaatkan betul kesempatan baik ini,” kata Zainal Fatah.

Menurutnya pemindahan ibu kota di Kalimantan Timur tidak hanya sekadar membangun gedung-gedung pemerintahan, tetapi juga menjadi lompatan untuk transformasi bangsa menuju Indonesia Maju.

Sumber: Antara – detikFinance, Jumat, 01 Sep 2023

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x