x

Tak Cuma di Bogor, Kebun Raya Juga Bakal Dibangun di IKN

waktu baca 2 menit
Sabtu, 16 Sep 2023 06:54 0 100 PPU

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono mengatakan pemerintah berencana membangun kebun raya atau botanical garden di Ibu Kota Negara (IKN).

Hal itu disampaikan oleh Bambang seusai melakukan rapat pembahasan mengenai revisi Undang-Undang IKN dengan Komisi II DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Senin, (11/9/2023).

“Ada beberapa hal yang berhubungan dengan misalnya pembuatan rencana untuk kebun raya, botanical garden,” kata Bambang.

Bambang mengatakan pemerintah berkeinginan agar pembangunan kebun raya itu dibiayai oleh swasta. Pembangunan itu, kata dia, merupakan kontribusi swasta untuk sektor pembangunan yang nonprofit.

“Insyaallah dari swasta, tapi tentu buat mereka yang ingin kontribusi,” katanya.

Bambang mengakui pembangunan kebun raya kemungkinan tidak terlalu menarik untuk investor. Maka itu, kata dia, pembangunan kebun raya diprioritaskan bagi sektor swasta yang ingin berkontribusi.

Selain kebun raya, kata dia, swasta akan juga diajak untuk membangun fasilitas seperti jalur hijau hingga taman. “Itu juga kita buka,” kata dia.

Sebelumnya, Bambang mengatakan sejumlah pihak swasta akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama untuk pembangunan sejumlah fasilitas di IKN. Rencananya groundbreaking akan dilakukan pada September dan dua bulan setelah groundbreaking pertama.

Ada sejumlah fasilitas yang akan dibangun dalam groundbreaking tersebut. Di antaranya, adalah perhotelan, pusat perbelanjaan dan rumah sakit. “Jadi ada groundbreaking dari mereka yang sudah siap,” kata Bambang.

Sumber: CNBC Indonesia, 11 September 2023

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x