x

Kalsel Prioritaskan Akses Jalan, Termasuk Kereta Api ke IKN Nusantara

waktu baca 2 menit
Selasa, 4 Jul 2023 07:34 0 142 PPU

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggencarkan dan memprioritaskan pembangunan jalan jalur darat, laut, maupun udara untuk mempermudah akses menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kami upayakan jalan di seluruh kabupaten dan kota di Kalsel dapat diakses menuju ke IKN Nusantara,” kata Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel Agung di Banjarbaru, dikutip Kamis (29/6).

Agung menyebutkan berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemprov Kalsel yakni transportasi serta perbaikan jalan nasional menuju IKN Nusantara yang saat ini sedang dibenahi oleh Kementerian terkait bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel.

“Transportasi darat, laut, dan udara sedang dibenahi dan ditingkatkan dalam rangka mendukung Kalsel sebagai gerbang IKN Nusantara,” ucapnya.

Ia memaparkan transportasi darat salah satunya sedang dibangun infrastruktur jalan tol dari Kota Banjarbaru menuju Kabupaten Kotabaru dan ditargetkan rampung pada 2024.

Dia menuturkan pembangunan prioritas selanjutnya yakni jembatan penghubung Pulau Kalimantan dengan Pulau Laut (Kabupaten Kotabaru).

Kemudian pembangunan Terminal Tipe A di perbatasan Kabupaten Tabalong dan juga Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk transportasi kereta api sudah dilakukan studi kelayakan dan akan dibangun dari Kota Banjarmasin menuju Kabupaten Tabalong sebagai pembangunan permulaan menghubungkan ke IKN Nusantara.

Agung menyebutkan peningkatan transportasi udara lewat Bandara Syamsudin Noor akan dibuka rute baru penerbangan internasional yakni Banjarbaru-Singapura, Banjarbaru-Kuala Lumpur, Banjarbaru-Jeddah.

Dia menjelaskan pula selanjutnya adalah pembukaan rute jalur laut Kabupaten Kotabaru menuju Tanjung Samalantakan, Grogot, Balikpapan, Mamuju, dan lainnya.

Selain itu, kata Agung, Pemprov Kalsel akan membangun pelabuhan utama yakni Internasional Mekar Putih di Kabupaten Kotabaru.

Senada, Kepala Seksi (Kasi) Jalan Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalsel Wahid Ramadani menegaskan pihaknya mengupayakan berbagai jalan jalur darat dapat diakses menuju ke IKN Nusantara.

Baca Juga: Pengusaha Se-Kalsel Patungan Km 171 Tanbu: Lucu dan Konyol

“Jalan dari lingkar barat Banjarmasin menuju Kabupaten Hulu Sungai Selatan sedang proses pembangunan,” katanya.

Wahid menyebutkan setelah selesai kemudian dibangun akses jalan dari Hulu Sungai Selatan menuju perbatasan yang menghubungkan Kalsel dengan IKN Nusantara.

Ia menyebutkan pembangunan jalan di Kalsel menjadi prioritas agar secepatnya akses menuju IKN Nusantara dapat segera digunakan oleh masyarakat.

Editor: Jekson Simanjuntak

Oleh Tim Redaksi
Kamis, 29 Juni 2023

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x