x

Terungkap! Misteri Gempa Kalimantan Dekat IKN

waktu baca 2 menit
Kamis, 17 Agu 2023 00:18 0 123 PPU

Gempa dengan kekuatan sedang Magnitudo 4,6 mengguncang di Kalimantan Timur. Lokasinya 97 km barat laut, Kutai Barat Kalimantan Timur, berdekatan dengan lokasi proyek Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Nusantara.

“#Gempa Mag:4.6, 20-Jun-2023 12:43:37WIB, Lok:0.29LU, 115.31BT (97 km BaratLaut KUTAIBARAT-KALTIM), Kedlmn:10 Km #BMKG,” tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG dikutip Selasa (20/6/2023).

Foto: Gempa bumi guncang KUTAIBARAT-KALTIM dengan magnitudo 4,6. (Twitter @infoBMKG)

Seperti diketahui IKN berada kabupaten di Kalimantan Timur, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kejadian gempa di Kaltim juga pernah terjadi tapi memang relatif sangat jarang. Misalnya pada Kamis (16/7/2020) wilayah Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, diguncang gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4. Hal ini terkait aktivitas Sesar Mangkalihat yang masih aktif.

BMKG pernah memperingatkan potensi gempa besar di Kalimantan akibat pergeseran sesar Mangkulihat.

Sesar Mangkalihat itu memiliki magnitudo tertarget mencapai M 7,0 dengan laju pergeseran 0,5 milimeter per tahun. Hal ini juga berdasarkan hasil kajian Pusat Studi Gempa Nasional (PUSGEN) tahun 2017.

Wilayah Balikpapan dapat terdampak guncangan dengan intensitas III-IV MMI, wilayah Samarinda dengan intensitas V MMI, sementara untuk daerah yang dekat dengan sumber gempa dapat terdampak guncangan mencapai skala intensitas VII-VIII MMI. Artinya, berpotensi terjadi kerusakan tingkat sedang hingga berat.

Ternyata ancaman lokasi ibu kota tak hanya dari Sesar Mangkalihat. Secara geologi dan tektonik, provinsi Kalimantan Timur terdapat tiga struktur sesar sumber gempa di antaranya Sesar Maratua, Sesar Mangkalihat, dan Sesar Paternoster.

Emir Yanwardhana

Sumber: CNBC Indonesia, 22 June 2023

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x