x

Lahan 290 Ha Disiapkan buat Bandara VVIP di IKN

waktu baca 2 menit
Minggu, 10 Sep 2023 01:45 0 59 PPU

Lahan untuk pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur sudah siap. Indonesia Land Bank Authority (Badan Bank Tanah) telah menyediakan lahan seluas 290,67 hektare pembangunan Bandara tersebut.

“Untuk pembangunan proyek Bandara VVIP di IKN Nusantara disediakan lahan seluas 290,67 hektare,” ujar Kepala Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja dikutip dari Antara, Kamis (7/9/2023).

Parman menjelaskan Lahan tersebut berada di Hak Pengelolaan (HPL) Badan Bank Tanah seluas 4.162 hektare. yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Kita berikan tarif nol rupiah untuk Bandara VVIP, hal ini dikarenakan peran dan tugas Bank Tanah sebagai land bank manakala lahan yang dikelola kemudian dibutuhkan oleh pemerintah maka Bank Tanah memberikannya,” terang Parman.

Berdasarkan Perpres Nomor 31 Tahun 2023 Tentang Percepatan Pembangunan Dan Pengoperasian Bandar Udara Very Very Important Person Untuk Mendukung Ibu Kota Nusantara, percepatan pembangunan dan pengoperasian Bandar Udara VVIP perlu segera dilakukan untuk mendukung pengembangan IKN Nusantara dan pengembangan konektivitas IKN Nusantara.

Bandara VVIP merupakan bandara khusus yang digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN Nusantara. Pengadaan tanah untuk pembangunan Bandara VVIP berasal dari tanah yang disediakan oleh Badan Bank Tanah.

Pembangunan Bandara VVIP terdiri atas fasilitas keselamatan dan keamanan, fasilitas sisi udara meliputi landas pacu, runway strip, Runway End Safety Area (RESA), stopway, clearway, landasan hubung (taxiway), dan landasan parkir. Kemudian fasilitas sisi darat, termasuk jalan di dalam kawasan dan jalan akses menuju Bandara VVIP

Aulia Damayanti –

Sumber: detikFinance, Kamis, 07 Sep 2023

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x