x

Kepala Otorita Beberkan Kesiapan Plaza Seremoni untuk Upacara HUT RI di IKN

waktu baca 2 menit
Kamis, 25 Apr 2024 06:33 0 32 PPU

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono memastikan Plaza Seremoni untuk upacara 17 Agustus 2024 siap digunakan. Bambangan juga memastikan infrastruktur pendukung seperti hotel, bandara dan jalan tol juga sudah bisa difungsikan.

“Kalau kita lihat di lapangan, kebetulan kami kemarin ke lapangan untuk (meninjau) persiapannya. Insya Allah Plaza Seremoni, kemudian di Istana dan kemudian juga di depan Istana (Presiden) itu yang akan kita pakai untuk upacara, Insya Allah pada waktunya nanti akan siap,” kata Bambang kepada wartawan, Kamis (11/4/2024).

Bambang menegaskan bahwa persiapan untuk pelaksanaan upacara 17 Agustus di IKN terus dilakukan. Dia menyebut waktu yang tersisa cukup untuk melakukan persiapan secara maksimal.

“Ini kan 4 bulan menjelang 17 Agustus 2024, di mana kita akan mengadakan acara hari kemerdekaan yang akan dihadiri oleh Presiden dan tentu saja segala upaya kita lakukan untuk mempersiapkan acara tersebut,” katanya.

Bambang menuturkan persiapan saat ini terkait perbaikan sejumlah fasilitas di sekitar Istana Presiden. Hal ini karena Presiden Jokowi memberikan instruksi untuk mengutamakan keselamatan.

“Masih digarap ya, karena disana-sini ada perbaikan-perbaikan, ada pengembangan-pengembangan. Sehingga tentunya itu dipercantik dan juga ada beberapa hal yang kita ingin benar-benar pastikan aman,” jelasnya.

“Misalnya di titian (jalan) warga itu, di tempat-tempat untuk forest trail, pagarnya itu diperkuat. Ini salah satu contoh aja, yang tadinya mungkin kurang kuat, itu diperkuat. Presiden meminta bahwa benar-benar untuk aspek safety/keselamatan itu benar-benar dijaga,” lanjutnya.

Sementara untuk infrastruktur dasar seperti jalan tol dan bandara VVIP IKN ditargetkan rampung pada Juli 2024 mendatang. Bambang berharap proyek tersebut berjalan dengan baik dan tidak terhambat kondisi cuaca.

“Sedang dikebut, tol dan bandara. Janjinya, para pelaksana akan menyelesaikan di akhir Juli. Kita lihat nanti. Mudah-mudahan cuaca bersahabat juga, karena tentunya ada faktor-faktor cuaca ya di situ (pekerjaan proyek),” katanya.

Fasilitas seperti hotel untuk 200 kamar juga dipastikan akan selesai pada Juli 2024. Selain itu, ada hotel berbintang tiga akan tersedia untuk para peserta upacara.

“Berprogres. Insya Allah mereka (proyek Hotel Nusantara) sih janjinya akhir Juli sudah akan selesai. Mungkin awal Agustus sudah bisa mulai ditempati. Jumlah kamarnya memang terbatas ya, sehingga mungkin tidak bisa menampung ribuan orang. Kalau tidak salah jumlah kamar sekitar 200,” sebutnya.

“Tapi, nanti akan ada satu hotel lagi yang sedang dikebut juga ini mungkin bintang tiga. Sehingga nanti pada waktunya Agustus ini juga sudah tersedia untuk mereka yang akan ikut upacara. Qubika (nama hotel),” tambahnya.

Niken Dwi Sitoningrum –

Sumber: detikNews, Jumat, 12 Apr 2024

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x