x

Wamenkeu: Bendungan Sepaku Semoi Akan Jadi Sumber Air di IKN, Agustus Akan Dioperasikan

waktu baca 2 menit
Selasa, 18 Jul 2023 06:58 0 77 PPU

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara berharap Bendungan Sepaku Semoi akan menjadi sumber air bagi Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara hingga daerah sekitarnya, serta menjadi pereduksi banjir di daerah tersebut.

“Bendungan Sepaku Semoi sudah 92 persen hingga 93 persen selesai. Bulan Agustus semoga bisa segera dioperasionalkan, artinya mulai diairi,” ujar Suahasil dalam konferensi pers usai mengunjungi Bendungan Sepaku Semoi, di Kabupaten Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat, 14 Juli 2023.

Ia mengatakan semula Bendungan Sepaku Semoi dibangun untuk mendukung area Balikpapan saja. Namun ke depannya, bendungan tersebut juga akan mendukung IKN dan daerah sekitarnya, sehingga dapat digunakan oleh seluruh masyarakat untuk pengairan dan irigasi, sekaligus menjadi sumber debit air.

Foto udara suasana pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa, 21 Februari 2023. Menurut Kasatgas Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi Zulyadi, progres bendungan per 21 Februari 2023 telah mencapai 84,4 persen dan ditargetkan selesai pada April 2023, sementara untuk penggenangan air bendungan akan dilaksanakan pada Mei-Juni 2023 yang berfungsi sebagai pasokan air baku ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Dengan demikian, Bendungan Sepaku Semoi menjadi salah satu infrastruktur dasar pendukung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Pembangunan infrastruktur dilakukan dengan konsep yang komprehensif untuk memastikan alamnya tetap terjaga.

Adapun pembangunan IKN bertujuan untuk memberikan kesempatan serta peluang yang lebih merata dengan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan di luar Pulau Jawa.

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi, pemindahan IKN merupakan upaya bersama untuk mewujudkan pembangunan yang tidak hanya berorientasi pada Jakarta seperti yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Suahasil menyebutkan rencana tersebut mendukung pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia dan peningkatan laju pertumbuhan ekonomi. “Kita punya visi yang besar untuk pemerataan pembangunan. Kita membangun di luar Jawa,” ujarnya lagi.

Dalam hal pembebasan lahan, dirinya mengungkapkan pembebasan lahan Bendungan Sepaku Semoi dilakukan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), bersama dengan Jalan Tol Akses IKN serta Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Sampai dengan 7 Juli 2023, total pendanaan lahan yang dilakukan oleh LMAN pada kawasan IKN sejumlah Rp252,6 miliar.

Editor: Martha Warta Silaban

Sabtu, 15 Juli 2023

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x