x

Kecamatan Sepaku Masuk IKN, Penajam Paser Utara Bakal Mekarkan Wilayah

waktu baca 1 menit
Senin, 4 Mar 2024 14:15 0 36 PPU

Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) direncanakan bakal memekarkan wilayah, setelah Kecamatan Sepaku masuk kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Pemekaran kecamatan jadi prioritas dan dipercepat karena ada sebagian daerah yang masuk dari wilayah IKN Nusantara” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Saidin di Penajam, Senin (19/12/2022) dilansir Antara.

Saidin menjelaskan, sejumlah desa dan kecamatan bakal ikut dimekarkan dengan adanya pemekaran kecamatan di daerah berjuluk Benuo Taka tersebut.

Desa Wisata Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur(Dok. https://jadesta.kemenparekraf.go.id) Sumber Antara PENAJAM

Menurut Saidin, wilayah yang akan dimekarkan antara lain Kecamatan Penajam dan Babulu.

Pemekaran wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara sudah memasuki tahapan pemetaan, tetapi masih menunggu hasil kajian dan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Diproyeksikan proses pemekaran wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut rampung pada 2023.

Saat ini, kata Saidin, masih menunggu hasil kajian wilayah yang memungkinkan untuk dimekarkan bersamaan dengan melakukan koordinasi dengan Kemendagri.

Saidin melanjutkan, pemekaran di PPU merupakan bentuk penataan kelembagaan di tingkat bawah pemerintahan kabupaten setempat.

Dengan pemekaran wilayah diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan lebih optimal.

Ardi Priyatno Utomo

Sumber: Kompas.com – 19/12/2022

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x