x

Bos IKN: Mobil Terbang-Driverless Car Beredar di Nusantara Tahun 2045

waktu baca 2 menit
Rabu, 20 Mar 2024 07:29 0 35 PPU

Mobil terbang menjadi salah satu pembahasan dalam rapat kerja antara Komisi II DPR RI dengan Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara Nusantara Bambang Susantono di ruang rapat Komisi II DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Dalam sesi tanya jawab, Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Mohamad Muraz menyinggung paparan Bambang terkait uji coba kelayakan untuk mobilitas udara mutakhir.

“Apakah ini ada kaitan dengan konsep kota 10 menit tadi? Ya mobilitas udara yang seperti apa? Apakah mobil terbang yang sudah banyak diramai-ramaikan sekarang? Apakah di IKN nanti yang digunakan mobil terbang atau bagaimana?,” tanya Muraz.

Menanggapi pertanyaan itu, Bambang membenarkan OIKN akan melakukan uji coba kelayakan untuk mobilitas udara mutakhir.

“Jadi kami melakukan beberapa uji coba jenis-jenis transportasi yang utama tidak hanya mobil terbang tapi juga driverless car atau angkutan umum yang tidak memiliki awak atau automated,” ujarnya.

“Itu juga akan menjadi fitur-fitur yang saya kira di tahun 2045 nanti merupakan satu keniscayaan. Kalau kita bicara 20 tahun dari sekarang,” lanjutnya.

Kepada wartawan setelah rapat, Bambang mengatakan, OIKN akan melakukan proof of concept uji coba kelayakan untuk mobilitas udara mutakhir.

“Proof of concept itu istilahnya adalah uji coba. Cocok gak sih teknologinya sama kondisi kita di lapangan. Itu untuk yang angkutan umum publik. Yang tidak memiliki driver tanpa awak, satu. Kemudian juga yang mobil terbang, itu juga,” kata Bambang.

“Nah, di samping itu juga ada beberapa proof of concept untuk misalnya bagaimana tiang-tiang listrik itu nanti berfungsi juga sebagai tempat-tempat informasi. Misalnya gitu ya, jadi ada tiang gitu ya, tiba-tiba kita mau nanya, ini kalau saya mau ke cafe ini lihat mana? Dia bisa jawab. Itu contoh-contoh fitur-fitur smart ya. Jadi itu kita uji-cobakan,” lanjutnya.

Mentari Puspadini
Sumber: CNBC Indonesia, 18 March 2024

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x