x

Bos Otorita Klaim Banyak PNS Mau Pindah ke IKN

waktu baca 2 menit
Kamis, 31 Agu 2023 02:13 0 88 PPU

Aparatur sipil negara (ASN) atau PNS diketahui banyak yang enggan pindah ke ibu kota negara (IKN) Kalimantan Timur. Namun, hal ini ditepis oleh Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono karena menurutnya banyak PNS yang mau pindah ke IKN.

“Nggak ah, banyak yang mau pindah,” katanya ditemui di Graha BNI, Senin (28/8/2023).

Bambang mengatakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah memiliki daftar nama PNS yang akan pindah mulai tahun depan.

Sementara terkait dengan huniannya, Bambang mengatakan pembagiannya sebanyak 50% yang dibangun akan diperuntukan bagi ASN yang belum menikah atau single. Kemudian 25% untuk pasangan sudah menikah tetapi belum punya anak dan 25% lagi untuk pasangan yang sudah memiliki anak.

“Kan 50% untuk yang single, 25% untuk yang couple tetapi belum punya anak, baru 25% yang punya anak,” lanjutnya.

Namun, Bambang belum mengetahui apakah unit untuk ASN yang belum menikah itu berisi satu unit akan diisi dengan 6 orang.

“Saya belum tahu pembagiannya itu di PUPR, tetapi pembagiannya itu 50%, 25%, dan 25% itu,” lanjutnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan bakal ada 47 tower yang muat diisi oleh 16.000 PNS. Satu tower akan terdiri dari 12 lantai di mana per lantainya terdiri atas lima unit apartemen. Dua lantai akan digunakan sebagian untuk fasilitas sosial dan fasilitas umum, sehingga menyisakan 10 lantai untuk hunian.

Sementara per unitnya ada sekitar 3 kamar, sehingga kalau ditotal satu tower terdiri atas 150. Kalau dikalikan jumlah tower, Iwan mengatakan total 47 tower dihuni oleh 7.500-8.000 orang.

“8.000 itu sistemnya sharing dulu, tiga orang dalam 1 unit. Sementara satu unit ada 3 kamar. Kalau masing-masing satu (satu orang satu unit), sekitar 2.500-an (penghuni),” jelasnya, saat ditemui usai Konferensi Pers Hari Perumahan Nasional di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (25/8) kemarin.

Terkait dengan ASN yang tak mau pindah ke IKN pernah diungkap oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong.

Usman mengatakan banyak yang berkelakar ingin pindah jadi PNS Pemprov DKI Jakarta agar tidak pindah ke ibu kota baru.

“Saya dengar ada yang sudah sampaikan malah, ‘bisa nggak sih saya pindah jadi ASN di Pemprov DKI aja?'” ujar Usman dalam webinar yang dilakukan oleh Kemensetneg, Jumat (25/2/2022).

Aulia Damayanti –

Sumber: detikFinance, Senin, 28 Agu 2023

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x