x

Jalan Tol IKN Kalimantan Timur Punya Desain Paling Beda dari Trans Jawa dan Sumatera, Ternyata Begini Bedanya!

waktu baca 2 menit
Selasa, 26 Sep 2023 02:29 0 156 PPU

Pembangunan jalan tol di IKN Kalimantan Timur terus dikebut pengerjaannya oleh Kementerian PUPR hingga penuhi target di tahun 2024.

Meski begitu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberi pesan agar pembangunan jalan tol IKN tetap memperhatikan kualitas dan lingkungannya.

Pesan tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki, Hadimuljono saat kunjungannya ke Kalimantan Timur pada Rabu, 20 September 2023.

Menurutnya, desain jalan tol di IKN Kalimantan Timur perlu punya pembeda atau ciri khasnya tersendiri yang beda dari Jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera.

Lantas, desain seperti apa yang bakal bikin tampilan jalan tol penghubung wilayah menuju Balikpapan-Samarinda ini jadi yang paling beda?

Dilansir dari laman instagram @kemenpupr, ternyata letak pembedanya ada pada bentuk lanskap di sepanjang ruas jalannya.

Ilustrasi Desain Jalan Tol di IKN Kalimantan Timur

Apabila biasanya kita hanya melihat sederetan pohon dengan jenis yang sama di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, tetapi jalan tol yang satu ini tidak dirancang demikian.

Nantinya Kalimantan Timur bakal miliki ruas jalan tol dengan deretan pesona pohon dengan jenis yang lebih bervariasi.

Setidaknya diketahui ada 89 jenis tanaman yang bakal mempercantik jalan tol ini bak konsep kota hutan ala Kalimantan.

Dilansir dari laman pu.go.id, jalan tol IKN Kalimantan Timur yang bersiap dipercantik meliputi ruas Karang Joang – KKT Kariangau di segmen 3A.

Selain itu, ruas tol KKT Kariangau – Simpang Tempadung yang ada di segmen B. Lalu, dilanjut dari Simpang Tempadung menuju Jembatan Pulau Balang.

Setiap ruas jalan tersebut bakal terkoneksi dengan jalan tol Balikpapan – Samarinda.

Sebagai informasi, selain program beautifikasi jalan tol di IKN Kalimantan Timur, Kementerian PUPR juga menggarap paket pengerjaan drainase.

Selanjutnya adalah program pembangunan jembatan penghubung ruas jalan seperti Jembatan Sungai Wain pada paket pengerjaan yang ada di seksi 3A.

Jembatan Dirgahayu pun bakal dibuat juga dalam paket pengerjaan jalan tol seksi 5A. Bahkan nantinya pembangunan overpass pun bakal masuk dalam daftar pengerjaan proyek tol yang satu ini.***

Aisya Dianmar Adzani
Editor: Arina Nihayati

Sumber: pu.go.id, Kemenpupr

Sumber: inNalar.com – Jumat, 22 September 2023

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x