x

Penampakan Apartemen ASN di IKN Nusantara, Pemerintah Bangun 47 Tower, Per Unit isi 3 Kamar

waktu baca 4 menit
Rabu, 24 Apr 2024 07:00 0 13 PPU

Simak informasi seputar pembangunan ibu kota negara alias IKN Nusantara terkini.

Tengok penampakan apartemen ASN di IKN Nusantara.

Pemerintah diketahui bangun 47 tower apartemen ASN di IKN Nusantara.

Diketahui apartemen ASN di IKN Nusantara berisi 3 kamar.

Pembangunan tower apartemen itu dalam rangka mendukung kepindahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN), pemerintah telah menyiapkan fasilitas tempat tinggal berupa apartemen.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan ada 47 tower apartemen yang tengah disiapkan.

Penampakan Apartemen ASN di IKN Nusantara, Pemerintah Bangun 47 Tower, Per Unit isi 3 Kamar
Kolase Tribun Kaltim / tribunnews

“Insyaallah, ada 47 tower apartemen. Nanti kesiapannya secara bertahap. Nanti bulan Juli 12 tower, September 21 tower, November sampai Desember itu sisanya,” ungkap Danis dalam wawancara bersama RRI Pro 3, Rabu (18/4/2024).

Dikatakan Danis, apartemen yang akan menjadi tempat tinggal ASN ini memiliki 12 lantai dengan 5 unit setiap lantai.

“Jadi 1 tower akan ada 60 unit apartemen. Masing-masing unit apartemen terdiri dari 3 kamar yang luasnya masing-masing 90 meter persegi,” paparnya.

Target waktu pemindahan ASN ke IKN Nusantara akan direalisasi setelah upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan RI.

Sebelumnya, menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pemindahan PNS akan dilakukan dalam waktu tersebut karena hunian PNS di IKN akan terlebih dulu digunakan bagi petugas yang mengadakan upacara HUT kemerdekaan RI ke-79.

Dengan demikian, target waktu pemindahan ASN sudah dua kali diundur, di mana semula direncanakan pada bulan Maret 2024 dan Juli 2024.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa suplai material bangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sudah terkontrak aman.

Hal ini menyusul adanya konflik negara timur tengah, Iran-Israel yang tengah berlangsung belakangan ini.

“Kalau sampai saat ini, Insya Allah kontrak kita aman. Kontrak kita kan memang jelas, multi years contract (MYC). Kalau nanti ada kebijakan eskalasi ya kita ikuti kalau memang terjadi ya,” ucap Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga saat ditemui di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Namun demikian, Danis tidak menampik kemungkinan harga material bangunan akan meroket akibat konflik tersebut.

“Pasti berdampak lah ke semua sektor bukan hanya ini (harga material bangunan untuk proyek IKN), tapi dampaknya sejauh mana kita belum tahu,” lanjut Danis.

Oleh karena itu, pemerintah masih melakukan pengamatan untuk selanjutnya mengidentifikasi guna mengantisipasi kemungkinan yang tidak diharapkan.

Saat ini, Satgas IKN tengah melaksanakan 94 paket pekerjaan tahun anggaran 2020-2024 dengan nilai total sekitar Rp 74 triliun.

Per April 2024, progres pembangunan infrastruktur IKN yang terbagi menjadi batch 1 dan batch 2 sudah menyentuh angka 42,8 persen.

“Batch 1 sudah hampir 80 nih, sudah 79,8 persen. Yang batch 2 sekitar 24 persen,” jelas Danis.

Menteri PUPR Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kalau pelantikan presiden rencananya sih di sana, IKN,” ujarnya setelah rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Adapun Indonesia akan memiliki presiden dan wakil presiden baru pada 20 Oktober 2024. Pada tanggal tersebut, rencananya presiden dan wakil presiden hasil Pemilu 2024 dilantik.

Jadwal pelantikan itu telah ditetapkan dalam Peraturan KPU terkait Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024.

Aturan ini disetujui oleh pemerintah dan Komisi II DPR RI bersama penyelenggara pemilu yang terdiri dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam rapat kerja yang digelar di Gedung DPR/MPR R, Jakarta, pada Selasa (7/6/2022).

Selain pelantikan presiden, Basuki memastikan pelaksanaan upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 Indonesia akan tetap dilaksanakan di IKN.

Namun, pembacaan pidato kemerdekaan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih tetap akan dilaksanakan di Jakarta.

“Kalau 17 Agustusan di sana, tapi mungkin pidato kenegaraan masih tetap di sini (Jakarta). Upacara 17 Agustusan rencananya masih di sana, pelantikan presiden juga insya Allah di sana (IKN)” kata dia.

Itulah tadi ulasan kapan pelantikan Presiden 2024 di IKN Nusantara, ini jadwal resmi dari KPU.

Editor: Muhammad Fachri Ramadhani

Sumber: Tribunnews, Senin, 22 April 2024

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x